the guitar is verry good

Written By selengkapnya diwebsiteblogs/ di facebook on Rabu, 21 Desember 2011 | 21.52


   Halo para pecinta musik khususnya dalam dan luar negeri, tapi aku harap masih dalam lingkungan negara Indonesia... he..he..he..
okeh,, tanpa banyak kata-kata yang cepat habis untuk dibuang, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang "Guitar Bass" khusus pemula atau menengah,, dikarenakan saya juga boleh dikatakan termasuk pemula, maka dari itu untuk menulis tulisan artikel untuk profesiaonal masih mendapat halangan berupa keraguan (iya klo betul,,, klo salah gimana,,,,) yang ditakutkan penghinaan terhadap bassistmania di seluruh dunia,,,,!!!!

   Well,,, it's time to lesson, pertama2:

Pengenalan :
   Kadang kita bertanya apa perbedaan dari gitar dan gitar bass, sebenarnya kedua istilah itu sama wujudnya dan nama-Nya, yang membedakan adalah ciri-ciri, bunyi, keunggulan, dan kegunaan.
tidak sama dengan gitar yang memiliki standart strings 6 buah, fret standart 17-24, standart stang 48-58 cm, atau ukuran. Bass gitar memiliki perbedaan pada jumlah senar yang standart 4 strings, stang yang lebih panjang, dan perbedaan ukuran body yang kadang bisa lebih besar/ kecil dari pada gitar (eits,, tapi perbedaan ini bedasarkan ukuran pada body gitar listrik biasa bukan pada gitar acoustic, klo msh ragu,, coba u beda'in pake gambar ini :
Udah tau kan perbedaannya?
Yupz, kegunaan, kelebihan dan kekurangan masing2:
* Gitar : berguna untuk rytem, melodi pada sebuah lagu atau bisa di sebut "nyawa" dalam bermusik
             umummya, tanpa bass pun suatu aransemen masih pantas diterima telinga dan kadang lebih baik,
             bagi pemain profesional mungkin bisa mengatur tempo bermainnya, tapi bagi pemula pasti sedikit                     banyak akan kesulitan

* Gitar Bass : berguna untuk pengatur tempo kedua setelah bass drum, bisa juga sebagai ritem atau melodi,
                      tapi tentu suara yang di hasilkan jadi tak sekecil suara gitar (agak lebih tebal), dalam
                      masyarakat umum bass tidak begitu umum dipakai, karena tak begitu simpel saja,, aku juga
                      merasakan hal yang sama.

Pengenalan pada bass :

Teknik dasar bermain bass :
bass memiliki standart strings 4, tapi sebenarnya bass yang pernah aku tahu tidak hanya 4 tapi bisa 5, 6, 12, sampai 20!!! maf bukan ngibul,, tapi q pernah lihat,,

    Kebanyakan yang digunakan adalah 4,5 dan pernah ada tapi jarang digunakan senar 6,, tu kusus yang udah jago banget kayak Yas Ogato, Howard Krebs, Aaron Ketterer, Jhon Myung (Dream Teater), Canadian (Calls Seoul Home), Noel Redding (Jimy Hendrix), John Patitucci DLL... cZ ckup banyak juga :)



- Sebelum itu harus mengetahui dasar C-D-E-F-G-A-B, karena bass itu dasar bermainnya sama dengan gitar hanya berbeda dari nama'' senar saja.

*Bass 4 String :
Bass tipe ini memiliki nama senar yang umumnya seperti ,
“G-D-A-E”, “G-D-A-D”, “G-D-G-D”, “D-A-E-B”, “F-C-G-D” atau “F-C-G-C”
*Bass 5 string :
hampir sama dengan 4 senar, tapi nama pada setiap senar agak berbeda :
“G-D-A-E-B” tapi terkadang “C-G-D-A-E”.
*Bass 6 senar :
“C-G-D-A-E-B”, “B-G-D-A-E-B”, walau “E-B-G-D-A-E”sebenarnya nama senar standart gitar standart
untuk 6 senar biasanya dipakai pada bassist beraliran Jazz, tapi ada beberapa aliran yang kadang ikut menggunakan bass tipe ini, dengan berbagai spesifikasi sesuai kebutuhan

BAGIAN-BAGIAN Bass :
berikut nama bagian-bagian dari bass
ne q kasih gambar bagian dari bass, kusus bWt kamu yang blom tau ato udah tau tapi lupa hehehehe......

Cara menggunakan bass :
next,, ne palajaran bagaimana memetik/menggunakan bass yang baik dan benar
-pertama tangan kanan (bila kamu kidal pake tangan kiri) :
posisi tangan seperti gambar diatas, bisa juga menempelkan tangan pada body, supaya lebih memudahkan dalam memetik. Untuk cara seperti ini agar terbiasa dapat bermain senam jari, supaya lebih lemas dan tidak kaku.
bisa juga menggunakan pick agar lebih enak dalam memetik senar, tapi bisa juga "menggenjreng" senar bass (ma'ap pake' bahasa yang g' baku, cz udah g' dapet lagi)
- tangan kiri (klo kamu kidal pake' tangan kanan)

 posisi ini begitu penting, karena jari2 berguna untuk menekan fret2 pada bass dan yang menentukan melodic permainan, makanya bagi para pemula cara seperti ini wajib dikuasai. Bisa juga dengan cara pelemasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik